Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan

Tips Bagaimana Menarik Perhatian Audience Saat Pidato

 



Berapa banyak audience yang benar-benar memperhatikan saat Anda berpidato atau melakukan presentasi? Jika jumlahnya kurang dari 30 persen dari total audience, bisa jadi ada yang salah dengan cara pidato atau presentasi Anda. Jangan khawatir, karena cara-cara sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk memperbaikinya.

Konsultan komunikasi bisnis asal Amerika Serikat, Darlene Price mengungkapkan bahwa kunci pidato dan presentasi ada di 60 detik pertama. “Saat kita berbicara, kita punya waktu sekitar 60 menit untuk mendapatkan perhatian audinece, mengarahkan mereka kepada topik kita, dan memotivasi mereka untuk terus mendengarkan,” tulis Presiden Well Said Inc. itu dalam buku Well Said! Presentations and Conversations That Get Results yang ditulisnya.

Untuk itu, Anda membutuhkan bahan pembuka pidato atau presentasi yang lebih dahsyat ketimbang sekadar ucapan terima kasih atau perkenalan yang klise. Berikut lima di antaranya.

1. Cerita yang Mengesankan
Mulailah pidato atau presentasi Anda dengan cerita-cerita dari mana saja yang Anda anggap menarik dan mengesankan. Mulai dari dongeng pengantar tidur hingga film superhero yang belakangan wira-wiri di layar bioskop. Hubungkan cerita-cerita itu dengan hal-hal yang kerap dialami audience dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pertanyaan yang Provokatif
Anda juga bisa memulai pidato atau presentasi dengan mengajukan pertanyaan provokatif. Pilihlah pertanyaan yang mampu membuat audience berpikir, merenung, hingga berefleksi tentang jawaban pertanyaan itu.

(Tigas tips selanjutya silakan klik link ini : https://www.akademitrainer.com/4-cara-tarik-perhatian-audience-saat-pidato-atau-presentasi/



Scroll to top