Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan

8 Manfaat Mengikuti Workshop Public Speaking

di tulis oleh: Dian Dwi Ariandoko

Workshop public speaking—Saat Anda atau saya melihat seseorang beretorika di depan umum tanpa nervous sama sekali, apa yang kita pikirkan? Yang pasti kita akan merasa kagum, merasa minder karena saat kita sedang berada di hadapan banyak orang, kita mungkin tidak bisa melakukan hal yang sama.
Memiliki kemampuan pulic speaking tentunya menjadi nilai tersendiri bagi kita. Sayangnya, tidak semua memiliki kapasitas itu. Ada memang tipikal orang yang secara genetic memiliki kemampuan ini, dan ada yang harus mengikuti workshop public speaking terlebih dahulu untuk bisa tampil maksimal saat di hadapan orang lain.
Bagi Anda yang mudah nervous, berkeringat, gemetar saat akan berbicara di depan public, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti workshop public speaking untuk mengatasi hal itu. Beberapa manfaat mengikuti workshop public speaking diantaranya adalah:
  1. Mempelajari Skill Berbahasa Verbal yang Lebih Efektif
Tidak banyak orang yang menguasai skill berbahasa verbal yang efektif. Banyak orang bisa ngomong baik itu dalam interaksi sehari-hari maupun saat sedang berada di hadapan public, namun tidak semua dari mereka memiliki keterampilan berbahasa yang bagus dan efektif. Seni dalam berbicara di hadapan umum, seperti yang dimiliki oleh diplomat terkemuka atau pimpinan masing-masing negara mengandung skill berbahasa verbal yang lebih efektif. Ada banyak unsur yang harus dipelajari dalam hal ini, diantaranya adalah intonasi, kejelasan, kelancaran, ritme, logika, gesture dan sebagainya yang ada dalam skill komunikasi verbal tersebut.
  1. Berani Berbicara di Hadapan Public
Kita mungkin memiliki skill verbal yang bagus, tapi kita enggan menampilkannya di depan public karena kita kurang berani dan kita merasa minder untuk menunjukkannya. Dalam workshop, kita akan belajar mengendalikan ketakutan tersebut dan tampil jauh lebih berani. Akan ada kepuasan tersendiri saat kita bisa mengatasi ketakutan tersebut dengan teknik yang diberikan oleh pihak pemateri. Ketakutan dan keminderan tersebut pada dasarnya adalah batu penghambat yang ingin sekali kita singkirkan namun kita tidak kuasa melakukannya. Saat sudah lepas dari rasa takut ini, kita akan berubah menjadi pribadi yang bebas dan tanpa tekanan. Proses menghilangkan ketakutan ini tentunya tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi ketakutan saat berbicara saja, tetapi juga saat menunjukkan kemampuan lain yang kita miliki saat berhadapan dengan orang lain.
  1. Efektif Meningkatkan Skill Tertentu yang Dibutuhkan Selama Berbicara Dihadapan Orang Lain
Menjadi public speaker tidak sekedar ngomong apa pun yang kita ingin sampaikan. Menjadi public speaker tentunya jauh berbeda dengan kebiasaan cuap-cuap setiap harinya. Menjadi public speaker, selain materi yang akan disampaikan, kita juga perlu memahami bagaimana cara mengontrol atau menguasai diri sehingga emosi sebenarnya yang kita rasakan tidak sampai keluar. Ini juga berkaitan dengan sikap tenang dan sikap rileks yang kita miliki saat berhadapan dengan audience atau penonton secara umum. Sikap tenang, sikap pengendalian diri yang baik saat berinteraksi dengan orang lain akan memberikan pengaruh yang besar bagi interaksi sosial kita dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Konsentrasi Saat Menghadapi Masalah Akan Terlatih
Ya, menariknya lagi, konsentrasi dalam mengatasi masalah akan terlatih dengan mengikuti workshop public speaking ini. Konsentrasi menghadapi masalah sangat dibutuhkan agar saat berada di depan umum sebagai public speaker kita tetap tenang. Setiap public speaker tentunya memiliki materi tersendiri yang harus disampaikan. Jika konsentrasinya buyar karena nervous, kita tidak akan bisa menyampaikan materi yang ingin kita ucapkan di depan umum. Kita harus fokus, menguasai materi dan dalam keadaan tenang agar saat apa yang ingin kita ingin sampaikan semuanya bisa kita sampaikan dengan baik. Anda mungkin sering mengamati dan kagum dengan public speaker yang bagus delivery materi-nya dan tenang dalam sikap pembawaannya, ini tidak lain karena menguasai materi tersebut, konsentrasi dan mampu mengendalikan adrenalinnya sehingga lebih tenang. Dan, itu butuh latihan yang salah satunya dilakukan melalui wokshop public speaking.
  1. Sistematis, Terarah, dan Selektif dalam Memilih Kata
Pembicaraan yang sistematis dan terarah biasanya dilakukan oleh public speaker dengan jam terbang yang tinggi. Perkataan yang sistematis dan terarah itu membutuhkan logika yang matang, dan perencanaan materi pembicaraan yang matang, tidak bisa asal-asalan. Untuk itu, menjadi public speaker membutuhkan persiapan dan juga latihan agar apa yang disampaikan terarah, sistematis, dan logis. Selain itu, selektif dalam memilih kata adalah skill tersendiri yang akan semakin mahir seiring berjalannya waktu. Selektif dalam memilih diksi kaitannya dengan kesadaran yang dimiliki untuk melihat dengan siapa mereka berkomunikasi, apakah diksi tersebut cocok untuk di share ke public secara umum, ataukah tidak. Banyak problem  yang muncul karena alasan seseorang tidak mahir dalam memilih diksi saat berbicara di depan umum, sehingga orang lain yang mendengarkan menjadi tersinggung dan sakit hati.
  1. Menguasai Teknik Berbicara Layaknya Seorang Profesional
Tidak semua orang yang saat ini mahir menjadi pembicara di depan umum adalah orang-orang yang dulunya tidak pernah gugup, tidak pernah nervous dan tidak pernah berkeringat saat sedang berada di hadapan orang lain. Melalui workshop public speaking, perlahan-lahan kita berbicara cara menjadi pembicara profesional secara bertahap. Dengan banyaknya materi yag kita dapat, dan melalui banyaknya praktik yang kita lakukan, kita akan mampu menjadi pembicara profesional yang tampil di depan public tanpa rasa canggung, dengan rasa percaya diri, dan dengan penguasaan materi serta pengendalian diri yang bagus.
  1. Public Speaking untuk Karyawan Memiliki Nilai Plus di Hadapan Atasannya
Ya, karyawan dengan public speaking yang bagus memiliki nilai lebih di hadapan teman-temannya yang lain dan juga dihadapan atasannya. Skill ini diperlukan oleh setiap karyawan untuk menjadi pribadi yang mampu mengungkapkan gagasan dengan baik, mampu bernegosiasi dengan baik dan mampu memberikan kontribusi penting pada perusahaan. Karyawan yang memiliki skill di bidang ini memiliki nilai plus di hadapan bos dan teman-temannya.
  1. Mendapatkan Pemasukan yang Fantastis
Public speaking adalah bidang profesi yang sulit ditaklukkan dan memerlukan latihan serius untuk melakukannya. Salah satunya bisa Anda usahakan melakui workshop public speaking yang diikuti. Pasalnya, bagi Anda yang mahir dalam dunia public speaking, income yang di dapat cukup tinggi yaitu antara 20 hingga ratusan juta. Untuk sampai pada titik tersebut, kita perlu latihan secara rutin dan memperbanyak jam terbang agar mahir dalam bidang profesi yang satu ini.
Workshop public speaking hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam bidang komunikasi public. Bagi Anda yang tertarik dalam bidang ini, Anda bisa mengasah kemampuan untuk menjadi public speaking profesional dengan terlibat dalam workshop tersebut. Darisini kita akan belajar mengendalikan diri, memilih diksi yang cocok, mengontrol emosi dengan baik dan konsentrasi pada materi yang ingin disampaikan.
Scroll to top