Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan

Tips Public Speaking: Pilihlah Kata Yang Tepat, Untuk Bisa Mengubah Respon Yang Luar Biasa


Kita sering ngobrol. Dan memang budaya orang Indonesia itu suka ngobrol. Sayangnya kebiasaan ngobrol ini, jarang banget digunakan untuk tampil bicara di depan forum.
Ada sebuah riset yang menunjukkan, kenapa orang Indonesia selalu kalah kompeten daripada orang-orang selain Indonesia. Ternyata hasil riset itu bukan menunjukkan bahwa orang Indonesia tidak memiliki kapabalitas atau kompetensi dibawah mereka, justru orang Indonesia memiliki potensi yang lebih.
Sayangnya problemnya adalah keberanian bicara di depan forum. Entah itu dalam ruang meeting atau di atas panggung. Kalaupun mereka berani, tapi bicaranya enggak bisa ditangkap dengan jelas pesan yang disampaikannya. Bikin yang mendengarkan bingung, akhirnya enggak nancep dalam ingatan pendengarnya.
Nah. Tips public speaking kali ini mengenai, bagaimana pesan yang nancap itu dan bisa membuat pendengarnya tergerak? Berikut tips-tips sederhanya.
1. SOLUTIF
Apa yang Anda sampikan harus bener-bener memberikan kebutuhan bagi audience. Artinya Anda harus ngerti atau peka, apa masalah yang dihadapi peserta. Dan tahu solusinya yang bener-bener relevance

2. SIMPELBicara mungkin enggak perlu bertele-tele. Pokoknya mudah diingat dan itu adalah hal-hal yang sangat dekat dengan keseharian peserta. Maka akan mudah bagi peserta merasakan apa yang Anda katakan.

3. SISTEMATISIni penting banget. Bicara itu ada tahapan-tahapannya. Selama Anda membuat alur yang sistematis, peserta atau audiens akan terbawa dengan aliran pembicaraaan Anda.
4. KATA YANG POWERFUL
Simak kata-kata Master Trainer atau founder Akademi Trainer , JAMIL AZZAINI ini :

“Sayyid Quthb pernah berkata satu peluru hanya bisa menembus satu kepala tapi satu kata bisa menembus jutaan kepala. Kata – kata kita mengandung kekuatan.”
“Orang yang sering mengucap terimakasih, maaf, tolong, pasti itu lebih disenangi oleh orang – orang sekitarnya dibandingkan orang – orang yang sering mengatakan kata – kata yang buruk. ”
“Atau kemudian Anda sering mengucapkan I Love You, I Miss You, pasti itu punya kekuatan untuk orang – orang yang Anda cintai. Jangan sepelehkan kata – kata karena kata – kata bisa menembus jutaan kepala dan berpengaruh pada kehidupan orang.”
Waspadai menggunakan kata-kata saat bicara. 
Satu kata yang tepat akan berpengaruh pada respon yang luar biasa dari yang mendengarkannya. Yang sering terjadi, kita menyepelekan hal itu..
Scroll to top